Hi, Welcome to my blog, enjoy reading.
RSS

Senin, 05 Oktober 2009

“Bisnis online PTC itu apaan sih?”

PTC (Paid to Click), dari kepanjangannya berarti “dibayar untuk mengklik.” Lalu apa yang diklik? Iklan. Iya…memang seperti itu. Kalo kamu bergabung dengan bisnis online PTC, kamu akan dibayar hanya dengan mengklik atau melihat sebuah iklan selama beberapa detik. Kebanyakan program PTC membayar pake US$. Ada juga sih yang membayar pake Pounds atau EURO.

“Enak dong, cuman klik klik klik, dapat dollar.”

Benar, dan bisnis ini bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja, hanya perlu satu set computer atau laptop dan sambungan internet. Tapi tunggu dulu. Rata-rata 1 klik dihargai $0.005 sampai $0.02. So, kamu mendingan jangan berharap kaya raya mendadak dengan mengikuti bisnis ini dan melakukan klik sendirian. Ntar nyesel lho. Untuk berhasil dalam bisnis ini, kamu ngga bisa kerja sendirian. Kamu perlu orang lain. Tapi kalo hanya untuk sekedar buat tambah-tambah uang jajan, atau traktir temen makan bakso, ya cukuplah kamu mengerjakan bisnis ini sendiri tanpa orang lain. Tapi untuk membangun sebuah bisnis PTC yang besar, sekali lagi kamu perlu orang lain dan ngga bisa kerja sendirian. Kalo bisnismu sudah besar, penghasilanmu juga lumayan. Ada yang bisa dapat ratusan dollar per bulan bahkan ribuan dollar perbulan hanya dari satu program PTC saja. Lumayan banget kan, bisa buat beli bakso berapa gelinding tuh?

“Ok,ok. Lalu gimana dong caranya memulai Bisnis online PTC?”

Begini, di dunia tidak ada yang instan. Semua perlu proses. Ada yang berhasil menjalankan program ini dalam waktu yang relatif singkat (2-4 bulan), tapi ada juga yang lama (lebih dari 6 bulan). Yang pasti kalo kamu mengikuti langkahnya dengan benar, kamu bisa dapat penghasilan yang lumayan dari bisnis online PTC. Ok, sudah siap? Simak baik-baik berikut ini ya:

1. Kunjungi blog ini. Sering-sering datang ke blog ini karena di sini kamu bakal dapetin info-info penting terbaru seputar PTC. Hehehe… bukan promosi ya. Tapi memang banyak artikel-artikel tentang PTC yang pasti akan berguna buat kamu yang serius menjalani program PTC ini.

2. Siapkan peralatanmu. Kamu perlu satu unit computer/laptop dan koneksi internet. Rata-rata komputer yang sekarang sudah memiliki spesifikasi yang cukup untuk mendukung koneksi internet yang memadai. Untuk koneksi internet bisa pakai Speedy, pilih paket Time-based. Atau kalo mau mobile bisa pakai Telkomflash atau produk-produk sejenis.

3. Siapkan mental dan sikap. Kamu juga perlu satu set impian yang kuat, ketekunan, kesabaran dan keinginan untuk menceritakan bisnis ini ke siapapun juga. Kerja keras? Itu perlu. Tapi saya lebih suka kerja pintar. Lagi pula, PTC ini sebenarnya cocok untuk orang yang tidak suka bekerja keras. Kerjanya cuma duduk di depan computer, bahkan bisa sambil tengkurap di depan laptop (ini aku banget) dan cuma mainin mouse. Siapin langkah ketiga ini sebaik-baiknya. Kan semuanya gratis.

4. Miliki e-mail. Well, untuk yang ini saya ngga perlu jelasin panjang lebar ya.

5. Miliki rekening kartu kredit. Punya rekening kartu kredit yang berstandar international, misal: VISA, Mastercard, Amex. Daftar dan miliki kartu kredit secepatnya. Untuk bisnis online, peranan kartu kredit sangat vital. Kartu kredit ini nanti sebagai satu-satunya alat untuk memiliki account Paypal dan Alertpay.

6. Daftar account Paypal dan Alertpay. Untuk awal daftar account paypal lebih dulu. Kunjungi www.paypal.com. Langkah-langkah pendaftaran Paypal selengkapnya bisa kamu lihat di www.paypalindonesia.com/info-4-11.html.

Selain memiliki rekening Paypal, sebaiknya kamu juga memiliki account Alertpay. Untuk mendaftar Alertpay, klik di sini. Saat mendaftar pilih “Personal Starter Account.” Jenis account ini memang tidak gratis. Artinya, di setiap transaksi kamu akan dikenakan biaya. Tapi ngga besar kok. Untuk ke depannya jenis account ini nanti jauh lebih menguntungkan.

Melalui account Paypal dan Alertpay inilah nanti program-program PTC yang kamu ikuti akan membayar kamu. So, di dunia maya, Paypal dan Alertpay menjadi alat proses pembayaran (payment processor). Setelah memiliki account Paypal dan Alertpay, kamu sudah bisa mendaftar program PTC.

Pilih program PTC yang benar-benar bagus. Ada ribuan program PTC di internet. Tentu saja ada yang bagus, ada juga yang tidak bagus. Yang tidak bagus ini biasa sering disebut scam (penipuan). Perlu waktu cukup lama untuk mengetahui sebuah program PTC bagus atau tidak.

Hemat waktumu dan kunjungi terus blog ini untuk mengetahui program-program PTC terbaik. Semakin banyak program PTC yang kamu ikuti semakin besar pula potensi penghasilanmu. Kamu bisa memanfaatkan waktu lebih banyak untuk mengerjakan bisnisnya dan tentu saja melakukan klik. (Kalo kamu masih tetap ingin melakukan pencarian program PTC sendiri, sebaiknya baca artikelku Legit PTC: PTC Setan versus PTC Malaikat.)

7. Join program PTC. Setelah melakukan langkah ke-6 di atas, kamu sudah bisa bergabung dengan program PTC. Semakin banyak waktu yang kamu miliki, semakin banyak program PTC yang bisa kamu ikuti. Tapi ingat, selidiki program PTC yang akan kamu ikuti karena banyak juga penipuan. Udah capek-capek mengklik, tapi penghasilan kita ngga pernah ditransfer. So, hati-hati saat memilih program PTC. Kamu bisa baca artikel Legit PTC: PTC Setan versus PTC Malaikat atau googling di internet atau berkunjung ke blog ini untuk info-info seputar program PTC. Pada saat kamu berkunjung ke situs program PTC, ada menu-menu biasanya muncul di halaman utama.

>Home : Ini adalah halaman indeks atau halaman utama. Di halaman ini biasanya ada nama program PTC, logo, dan penjelasan singkat mengenai program dan situsnya. Selain itu, di halaman ini juga terdapat data jumlah member, jumlah member yang sedang online, jumlah payout (cash yang sudah dibayar ke member), click rate (nilai klik) dan jumlah minimum pembayaran (minimum payout).

>Register/Join/Sign Up: Klik menu ini kalo kamu ingin bergabung. Isikan datamu secara lengkap dan benar. Saat mendaftar simpan passwordmu baik-baik. Usahakan untuk memiliki password yang berbeda untuk setiap program PTC yang kamu ikuti. Password yang aman minimal terdiri dari huruf dan angka.

>View Ads/Surf Ads/Browse Ads: Menu View Ads adalah menu di mana iklan-iklan ditampilkan. Kadang ada situs yang memakai nama View Ads, ada juga yang memakai nama Surf Ads atau Browse Ads. Tapi pada dasarnya, ketiga-tiganya sama. Di menu inilah kamu akan mengklik iklan dan mendapat bayaran. Klik menu ini dan akan muncul iklan-iklan yang siap untuk diklik. Klik satu per satu, jangan langsung semua. Setelah kamu mengklik satu iklan, akan muncul counter dengan hitungan mundur. Tunggu sampai hitungan selesai. Biasanya counter ini berlangsung selama 10 hingga 30 detik. Setelah hitungan 30 detik selesai, kamu baru boleh mengklik iklan yang lain. Oya, beberapa situs membuat proses ini lebih aman. Terutama bagi pemilik situs dan pihak pemasang iklan. Hal ini untuk menghindari software autoclick atau click robot. Setelah mengklik, akan keluar beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab. Jangan kuatir, jawabannya amat sangat mudah. Meskipun begitu autoclicker atau click robot ngga akan bisa jawab pertanyaan ini. Mm…, dasar robot yang bodoh! Klik saja jawaban yang kamu anggap benar dan kamu bisa melanjutkan klik untuk iklan-iklan berikutnya.

>Forum: Ini adalah tempat untuk saling berkomunikasi baik antar anggota maupun dengan pengelola (admin). Cobalah berkunjung ke forum ini. Di forum ini kamu bisa membaca komentar-komentar dari anggota/member yang sudah lebih dulu bergabung. Simak komentar-komentar mereka. Kalo banyak komentar-komentar miring tentang Program PTCnya, wah, sebaiknya tinggalkan saja program PTC tersebut dan jangan pernah daftar di program PTC itu. Bisa-bisa kita nanti juga tertipu (scammed). PTC yang bagus juga bisa dilihat dari apakah si admin peduli dan perhatian terhadap para member. Kalo adminnya ngga peduli ama membernya, bisa disimpulkan bahwa PTC tersebut adalah scam.

>TOS: Singkatan dari Terms of Service. Bisa diterjemahkan Syarat dan Ketentuan. Bacalah baik-baik. Untuk bergabung kamu harus menyetujui TOS dari PTC yang bersangkutan. Biasanya TOS antara program PTC yang satu dengan yang lain hampir sama. Hanya saja yang perlu kamu perhatikan adalah: 1) Minimum payment/payout. Ini adalah nominal terkecil yang harus kamu raih supaya kamu bisa menerima pembayaran 2) Alat pembayaran yang mereka gunakan. Paypal atau Alertpay? Atau mungkin alat pembayaran yang lain? 3) Lamanya Pembayaran. Program PTC yang baik akan memberikan info yang jelas tentang waktu yang mereka perlukan terhitung dari saat kamu meminta pembayaran sampai pembayaran itu benar-benar kamu terima. 4) Click rate atau nilai klik. Kamu juga perlu tahu berapa kamu akan dibayar untuk klik satu iklan dan berapa kamu akan mendapat komisi dari referral kamu yang melakukan klik. Apa itu referral? Baca terus untuk tahu lebih lanjut.Ok, berhubung artikelnya agak panjang, istirahat dulu, minum-minum dulu, ah.

Nah, sebelum menginjak langkah yang ke-8, ada yang perlu saya jelaskan sedikit. Bisnis dan marketing sangat erat kaitannya. Sebuah bisnis dengan produk atau jasa yang bagus akan sukses luar biasa bila didukung oleh marketing yang bagus. Apa sih fungsi marketing? Sederhana saja: untuk mendapatkan calon pembeli atau pengguna jasa. Di internet dan di dunia nyata, perusahaan bisnis raksasa rela mengeluarkan biaya hingga bermilyar-milyar untuk marketing. Tujuannya untuk menjangkau pembeli potensial dan menciptakan transaksi. Kegiatan marketing ini bisa dilakukan melalui media cetak, media elektronik dan juga manusia. Semuanya memerlukan dana yang besar.

Adik saya pernah bekerja di sebuah bank di Jakarta sebagai tenaga marketing. Setiap hari dia harus keliling mencari pembeli potensial dan jika ada transaksi atau ada yang mendaftar menjadi nasabah melalui adik saya, adik saya akan dapat komisi dari bank untuk hasil kerjanya. Inilah yang disebut komisi. Seorang makelar tanah atau rumah juga akan dapat komisi bila berhasil menemukan pembeli yang tepat. Seorang agen property, otomotif atau asuransi juga akan dapat komisi kalo berhasil menciptakan sebuah transaksi pembelian. Singkatnya, komisi ini adalah biaya marketing yang wajib dan sudah sangat lazim dikeluarkan oleh perusahaan untuk tenaga marketingnya dan fenomena ini, juga berlaku untuk program PTC. Ok, sekarang waktunya masuk langkah yang ke-8.

8. Cari referral. Seperti saya bilang di atas, jika kamu ingin membangun sebuah bisnis PTC yang besar, kamu tidak bisa bekerja sendiri. “Nothing comes without other's help.” Well, kamu bisa sih dapat penghasilan yang lumayan bila bekerja sendiri. Rata-rata bila bekerja 3 jam sehari dengan koneksi internet yang memadai (stabil dan ngga sering putus), kamu bisa dapet 2 hingga 3 dollar sehari. Kalikan dengan 30 hari, maka sebulan penghasilanmu $60-$90 sebulan. Itu kalo bekerja 3 jam sehari. Kalo 6 jam berarti penghasilannya $120-$180 sebulan. Lumayan sih. Tapi di sini kita tidak bicara bisnis online yang kecil-kecilan. Build something big. Ada banyak cerita sukses dari orang-orang yang menjalankan program PTC dan berpenghasilan di atas $1000 per bulan. Jadi, langkah terpenting adalah dengan menceritakan orang lain tentang program PTC ini dan ajak dia untuk bergabung juga.

Dengan begini, maka dari setiap orang yang bergabung dengan menggunakan identitas referensi-mu (referral ID), kamu akan mendapat komisi dari program PTC ini. Ingat, kamu sudah bekerja sebagai tenaga marketing dari program PTC yang kamu promosikan/ceritakan. Sudah seharusnya kamu mendapat komisi. Orang yang kamu ceritain juga diuntungkan. Dia mendapat informasi yang berharga, dan kalo bergabung juga bisa mulai mendapatkan penghasilan langsung dari program PTC ini.

“Bagaimana komisi diberikan?”

Nah, begini. Setiap kali orang yang bergabung melalui referral ID-mu melakukan klik di program PTC yang kamu promosikan, kamu bisa memperoleh komisi (disebut juga referral earning) dari klik mereka. Sesederhana itu. Besarnya komisi pun bervariasi, ada program yang hanya memberikan komisi 10% dari nilai klik, ada juga yang 100%. Namun program PTC tidak seperti bisnis MLM. Di bisnis PTC kamu hanya akan dapat komisi dari orang yang langsung bergabung melalui referral ID-mu. Misal si A bergabung melalui kamu. Kamu dapat komisi dari klik si A. Seandainya ada orang lain lagi bergabung melalui si A, dan orang itu melakukan klik, maka kamu sudah tidak mendapat komisi lagi dari klik tersebut. Jadi, komisi hanya diberikan sampai 1 level kedalaman, walaupun ada beberapa program PTC yang memberikan komisi sampai 2 level kedalaman. Saya rasa ini cukup fair. Kita benar-benar mendapat komisi dari hasil kerja kita, yaitu orang yang langsung kita referensikan. Di bisnis konvensional dunia nyata juga begitu kan?

“Bagaimana mendapatkan referral?”

Di artikel ini akan saya bahas secara singkat dulu ya. Biasanya di bagian menu account akan ada referral link-mu. Siapapun yang bergabung melalui referral link milik kamu ini otomatis akan menjadi referralmu. Kamu bisa menceritakan salah satu program PTC favoritmu ke teman atau ke saudara secara offline atau ketemu langsung dan kalo mereka tertarik kamu bisa ajak mereka ke warnet dan daftarkan mereka melalui referral link kamu. Caranya copy referral link kamu dan paste ke browser kemudian tekan enter, kamu akan masuk di halaman menu utama dari program PTC yang akan kamu rekomendasikan. Selanjutnya tinggal daftarkan saja temanmu. Kamu bisa minta temanmu untuk daftar sendiri. Yang penting mereka mendaftar dengan menggunakan referral link ini.

Kamu juga bisa membuat blog seperti ini dengan menggunakan Blogger atau Wordpress.com. Gratis kok. Hanya saja untuk Wordpress, saya belum pernah mencoba bisa atau tidak, karena Wordpress.com sepertinya keberatan kalo sistemnya dipakai untuk tujuan komersil. Cantumkan referral linkmu di sidebar atau di salah satu artikel yang kamu buat. Jika seseorang mengklik referral linkmu dan mendaftarkan diri sebagai member program PTC, dia otomatis menjadi referral-mu. Jika ingin jawaban yang lebih mendalam dari pertanyaan, ini baca saja artikel 5 Cara Jitu Mendapatkan Referral.

Beli/Sewa referral. Tidak semua orang bisa mendapatkan referral karena beberapa alasan. Malas seperti saya, tidak punya waktu, tidak pandai bicara, malu dan banyak alasan yang lain. Nah, kalo kamu termasuk orang-orang yang seperti itu, kamu bisa membeli/menyewa referral. Tapi lakukan ini dengan bijaksana dan hati-hati. Ingat, membeli/menyewa memerlukan uang. Sebelum kamu yakin dengan program PTC yang kamu jalani, jangan lakukan ini. Bisa-bisa kamu kehilangan uang kamu.

Jika kamu akan membeli/menyewa referral. Kamu tinggal cari menu Buy Referrals/Rent Referrals/Referrals. Jika kamu membeli referral, berarti referral itu menjadi milikmu selamanya. Jika kamu menyewa, berarti kamu harus terus melakukan perpanjangan tiap bulannya dengan membayar biaya sewa. Sebaiknya membeli atau menyewa? Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk info yang lebih mendalam baca artikel saya ‘Rent Referral vs Buy Referral.’

9. Upgrade membership. Saat kamu mendaftar, kamu akan terdaftar sebagai free/standard member. Artinya, kamu tidak membayar sesenpun untuk biaya keanggotaan. Setelah kamu merasa mendapatkan referral yang cukup, misal 25 -50 orang dan mendapatkan modal yang cukup, dan yang paling penting merasa sangat yakin dengan program PTC tersebut, kamu bisa mengupgrade status keanggotaanmu menjadi premium member. Keuntungan premium member setiap program PTC berbeda. Namun rata-rata premium membership mendapatkan komisi yang lebih besar dari setiap klik yang dilakukan oleh referral dan sebagai seorang premium kamu biasanya diberi iklan yang lebih banyak perharinya. Langkah ke-9 ini sifatnya tidak wajib/optional. Kamu masih tetap bisa mendapatkan penghasilan sebagai standard member.

10. Ulangi prosesnya. Ya, tinggal ulang aja prosesnya. Artinya daftarlah program PTC yang lain. Sebanyak-banyaknya sesuai dengan ketersediaan waktumu. Tapi jangan ngawur ya. Hati-hati banyak penipuan. Memang sih, mendaftarnya gratis. Tapi jangan lupa, waktumu adalah uang, pc atau laptop kamu belinya juga pakai uang, abonemen internet juga uang, listrik juga uang, kalo jarimu salah urat gara-gara kebanyakan ngeklik dan harus ke tukang urut juga pakai uang (hehehe…yang ini jangan sampai terjadi deh…), semuanya pakai duit rekan-rekan. Jadi jangan buang-buang investasi kamu hanya dengan bergabung dengan program PTC yang tidak legit.
Sebagai penutup, ada yang pernah bertanya…

“Adakah perusahaan atau lembaga yang melindungi investasi kita dan hak-hak kita di bisnis online PTC?”

Sayangnya tidak ada, kawan. Bukannya saya menakut-nakuti kamu. Tapi di sini saya juga tidak ingin menyembunyikan hal terburuk. Saya ingin fair dan tidak hanya ingin membicarakan yang manis-manis saja. Yang pahitpun kalo terjadi ya harus siap-siap kita telan. Itu adalah pelajaran berharga buat kita. Saya juga pernah mengalami scam di bisnis internet hingga jutaan rupiah, tapi bukan di bisnis PTC. Di bisnis PTC saya malah belum pernah kena scam dan semoga itu tidak pernah terjadi pada kita semua.

Hampir semua bisnis online PTC diciptakan oleh sekelompok orang atau bahkan oleh satu orang yang memiliki satu tujuan mendapatkan keuntungan. Masalahnya kebanyakan dari mereka cuma memikirkan keuntungan untuk diri mereka sendiri tanpa memikirkan membernya.Tidak ada hukum atau perundang-undangan internasional yang juga menjamin dan melindungi keamanan investasi kita. Tidak ada jaminan juga bahwa program-program PTC akan membayar kita selama-lamanya. Tidak ada kawan. Jika saya merekomendasikan sebuah PTC di blog ini, itu semata-mata karena saya telah melakukan riset yang intensif dan mereka telah terbukti membayar member mereka berkali-kali termasuk saya. Tapi tidak ada yang tahu apakah program PTC itu akan terus bertahan hingga 5, 10 atau 20 tahun lagi atau bahkan seumur hidup kita dan tetap melakukan pembayaran secara tertib kepada para membernya.

Di atas saya katakan hampir semua, jadi tidak semua proram PTC berbentuk scam. Masih ada program PTC yang legit dan legal dan yang sering direkomendasikan, di antaranya adalah clixsense.com dan starclicks.com. Namun kedua PTC ini memiliki kekurangan. Mereka tidak memberikan komisi dari referral click dan tidak ada fasilitasi buy/rent referral. Tapi tidak ada salahnya join di program ini supaya kamu tahu perbedaan antara PTC yang legal dan PTC yang gratisan. Sekedar info, salah satu internet marketer dunia Adam Seebeck, pemilik situs Aclarn.Inc dan pengarang buku AdamSuccess juga bergabung dengan clixsense dan sering nongkrong di top 20 referrers di urutan pertama. Kalo Adam saja bergabung dan sukses menjalankan clixsense.com kenapa kita tidak mencobanya?

Nah, dengan mengetahui fenomena ini, mendingan kamu terus berhati-hati dan jangan berinvestasi secara membabi buta di program PTC. Kalo hanya mendaftar sih masih ok, kan gratis. Tapi jangan asal upgrade member dan beli referral buru-buru hanya karena iming-iming keuntungan yang berlipat ganda.

Sebagai penutup, jangan lupa terus kunjungi blog ini untuk info-info terbaru seputar PTC. Dan, jika kamu merasa bahwa artikel yang saya tulis berguna dan kamu mendapatkan manfaat darinya, please deh , join setiap program PTC yang saya rekomendasikan melalui referral link saya sebagai tips untuk saya. Itu merupakan penghargaan tertinggi dari kamu atas kerja saya membuat tulisan-tulisan dalam blog ini. Tapi saya tidak memaksa lho. Kalo kamu bergabung sendiri juga tidak masalah. Berkat datang dari Tuhan dan saya percaya itu. Semuanya tetap welcome di blog saya, baik itu yang join program PTC lewat referral link saya ataupun tidak.

Semoga bermanfaat.

5 komentar:

Muklis mengatakan...

Wow merambah bisnis PTC nih kayaknya mas, salam sukses selalu ya, salam hangat dari BBM

Ricky Nova Iskandar,S.Sos, mengatakan...

Tip-tips yanf menarik mas, terimakasih ya...

sukses selalu buat mas Adwitiya

guwaYBettik mengatakan...

yang pasti saya dapat ilmu baru, thanks.

AL Hijr Adwitiya mengatakan...

@ all >>THANKS SEMUANYA....

breegaell mengatakan...

Hi, you are looking extra cash? I recommend Clixsense. Join free and start earn money

http://www.clixsense.com/?8172285

http://areyousearchextramoney.blogspot.cz/

Posting Komentar